Ogogirls Melebarkan Sayap ke Dunia PKK

Apa sih itu PKK? Pasti diantara kita semua sudah sering mendengar istilah PKK. Bahkan ada julukan ibu-ibu PKK. Tapi kalian semua tahu apa itu singkatan PKK? Yuk mari kami review sejenak mengenai PKK.

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga atau yang biasa disingkat dengan PKK merupakan gerakan yang tumbuh dari bawah dengan wanita sebagai motor penggeraknya yang telah berhasil menggerakkan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Karena peran PKK dalam pembangunan kesehatan begitu penting, maka kami Ogogirls berinisiatif untuk melebarkan jejak langkah kami ke dunia PKK melalui kegiatan penyuluhan kesehatan dan ceramah keagamaan.

Ketika pertama kali kami menginjakkan kaki di bumi Dampal Utara, Ilham Mustafa, ST, baru 5 bulan menjabat sebagai Camat Dampal Utara. Saat kami silaturahmi ke rumah beliau, alhamdulillah respon beliau terhadap kehadiran Pencerah Nusantara sangat baik. Istri beliau, Nurwahidah Ilham, yang merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Dampal Utara juga sangat antusias menyambut rencana Ogogirls untuk mengadakan kegiatan baik di PKK Desa maupun Kecamatan. Ibu Camat menuturkan bahwa dirinya sangat senang dengan masuknya Pencerah Nusantara di kegiatan PKK. Misalnya saja saat pengajian PKK Desa ataupun Kecamatan, mereka tidak kebingungan untuk mencari penceramah dan penyuluh kesehatan. Selain itu, kas PKK mereka dapat mereka salurkan untuk kegiatan PKK yang lain, karena biasanya mereka membayar penceramah dan penyuluh kesehatan di kegiatan pengajian mereka. Perlu ditekankan disini, Pencerah Nusantara tidak menerima bayaran sepeser pun dari mereka. Alhamdulillah, ternyata keberadaan kami dapat bermanfaat bagi orang lain, khususnya PKK Desa dan Kecamatan Dampal Utara.

(Ny. Nurwahidah Ilham, Ibu Camat Dampal Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Dampal Utara)
Ogogirls memberikan penyuluhan kesehatan dan ceramah keagamaan melalui pengajian kelompok Majelis Ta’lim PKK Desa serta PKK Kecamatan. Pengajian PKK Desa rutin dilaksanakan setiap bulan pada tanggal yang sama, tetapi bila pada tanggal tersebut bertabrakan dengan kegiatan PKK yang lain, pengajian dilaksanakan pada hari yang lain. Pengajian PKK Desa dilaksanakan di Desa Ogotua (setiap tanggal 2), Desa Tompoh (setiap tanggal 8), Desa Bambapula (setiap tanggal 9), Desa Kabinuang (setiap tanggal 12), Desa Sese (setiap tanggal 13), Desa Malambigu (setiap tanggal 17), dan Desa Balaroa (setiap tanggal 18). Pengajian PKK Kecamatan dilaksanakan setiap tanggal 20 setiap bulannya di Desa Ogotua.

(dr. Iim sedang memberikan penyuluhan kepada para anggota Majelis Ta’lim dan ibu PKK Desa Bambapula)

Penyuluhan PKK ini kami mulai pada bulan November 2013. Pada bulan ini kami memberikan penyuluhan dengan tema “Diare pada Anak”. Mengapa kami mengambil tema ini? Karena pada bulan November 2013 kasus diare pada anak sedang merajalela. Banyak orang tua yang membawa anaknya berobat ke Puskesmas dengan keluhan mencret atau dalam bahasa Bugisnya disebut “joli-joli”. Maklum saja, pada bulan November memang sedang musim penghujan sehingga virus atau kuman penyebab diare berkeliaran dimana-mana.

(Nia tampak semangat menerangkan organ reproduksi wanita kepada anggota Majelis Ta’lim dan Ibu PKK Desa Sese)

Sebelum memberikan penyuluhan, terlebih dahulu Desy memberikan ceramah keagamaan dengan tema “Menjadi Ibu yang Dicintai Allah dan Anaknya”. Setelah ceramah keagamaan, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan “Diare pada Anak” yang disampaikan oleh dr. Iim, Witri, Nia, dan Sugi secara bergantian di setiap desa.Alhamdulillah, respon ibu PKK terhadap penyuluhan kesehatan yang Ogogirls berikan sangat baik. Hal ini bisa terlihat dari aktif dan antusiasnya mereka bertanya saat sesi tanya jawab. Bahkan ada seorang ibu dari Desa Kabinuang yang memberikan usul untuk diadakan penyuluhan kesehatan dengan tema ASI Eksklusif, dan Ogogirls memang sudah menyiapkan materi itu untuk bulan mendatang.

(Sugi sedang menyampaikan penyuluhan kepada anggota Majelis Ta’lim dan Ibu PKK Desa Tompoh)
 Pengajian PKK Kecamatan pada bulan November diisi dengan ceramah keagamaan dari Desy dengan tema “Adab Seorang Muslim dalam Berinteraksi Sosial”. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi “Menjadi Penyuluh” yang disampaikan oleh Sugi. Sepulang dari pengajian, Ogogirls selalu membawa buah tangan yang diberikan oleh ibu-ibu PKK. Alhamdulillah… J

(Desy sedang memberikan ceramah keagamaan pada pengajian PKK Kecamatan)


Desember ceria pun telah tiba J. Pada bulan Desember, Desy memberikan ceramah keagamaan di pengajian PKK Desa dengan tema “Riya”. Kesehatan reproduksi menjadi tema utama penyuluhan kesehatan pada bulan ini. Ogogirls mengambil topik “Cerdas Menjaga Kesehatan Reproduksi”. Rupanya tema penyuluhan kesehatan yang satu ini mampu membuat sedikit kehebohan dari para ibu PKK, hehehe…. Antusiasme mereka sangat tinggi menyimak materi penyuluhan yang diberikan. Oh ya, mulai bulan Desember 2013 ini, khusus untuk Desa Malambigu, Bidan Desa setempat yaitu Kak Damaris lah yang mengisi penyuluhan kesehatan. Kak Damaris ini toleransinya begitu tinggi. Walaupun beliau beragama Nasrani, tetapi beliau bersedia hadir di pengajian PKK Desa Malambigu untuk memberikan penyuluhan. Bhineka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda tetapi kita tetap satu jua J. Untuk pengajian PKK Kecamatan pada bulan ini diadakan di rumah Ibu Camat. Tema ceramah keagamaan pada bulan ini ialah “Hikmah Pendengaran”. Sepulang dari pengajian, lagi-lagi kami dibawakan oleh-oleh makanan. Sekali lagi, syukur alhamdulillah…
(Witri sedang memberikan penyuluhan kepada anggota Majelis Ta’lim dan Ibu PKK Desa Malambigu)

Januari gempita, begitulah Ogogirls menyebutnya. Musim penghujan pun mulai melanda Dampal Utara pada bulan Januari ini. Hampir setiap hari langit diselimuti awan hitam. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang semangat kami untuk tetap memberikan ceramah keagamaan dan penyuluhan kesehatan di desa-desa. Pada bulan Januari ini, Desy mengambil tema ceramah keagamaan “Tawadzun”. Penyuluhan kesehatan pada bulan ini mengambil tema “Keluarga Berencana”. Lagi-lagi, tema yang satu ini mampu membangkitkan gelak tawa dan kehebohan para ibu PKK J. Pengajian PKK Kecamatan pada bulan Januari dilaksanakan di rumah mantan Wakapolsek Dampal Utara. Dalam rangka merayakan Maulid Nabi, Desy pun mengambil tema “Hikmah Kelahiran Nabi Muhammad SAW” pada pengajian bulan ini. Setelah ceramah keagamaan, Witri memberikan penyuluhan kesehatan dengan tema “Gout Artritis”. Tak disangka, materi penyuluhan yang satu ini mampu membangkitkan semangat bertanya dan berdiskusi dari para ibu PKK.

Selain mengisi kegiatan di pengajian PKK Desa dan Kecamatan, Ogogirls juga turut serta dalam pembinaan anggota PKK dalam rangka menyambut Jambore PKK pada bulan Desember 2013 yang lalu. Pembinaan yang kami berikan berupa latihan penyuluhan dan membuat yel-yel untuk lomba yel-yel Jambore PKK. Ibu Camat pun memimpin latihan yel-yel PKK dengan penuh semangat membara. Saat Jambore PKK diadakan di Kabupaten Tolitoli, Ogogirls tidak bisa mendampingi karena padatnya aktivitas kami di Puskesmas Ogotua. Mau tahu yel-yel PKK Kecamatan Dampal Utara? Simak yuk!

(Ibu Kepala Desa Bambapula sedang berlatih penyuluhan menyambut Jambore PKK 2013)

Siapa kitaaaaaa??? Dampal Utara, Dampal Utara, Jaya, Yessss!!!

PKK…Dampal Utara
Ikut Jambore Kader PKK
Kami siap bekerja, ajak semua warga
Bersih sehat lingkungan kita

(Mainan anak-anak hasil karya anggota PKK Kecamatan Dampal Utara untuk dilombakan di Jambore PKK 2013)

Itulah aktivitas bersama ibu-ibu PKK yang kami lakukan pada bulan November 2013 hingga Januari 2014. Kami ingin menyampaikan pesan hidup sehat kepada mereka bahwa pencegahan penyakit lebih baik daripada pengobatan. Jangan tunggu sakit, cegahlah penyakit dengan berperilaku hidup sehat J. Tunggu liputan berikutnya dari Ogogirls ya guys!

-iim karimah-










0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author