Apakah Aku Sudah Remaja?



Berseragam putih biru merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi anak-anak. Pergantian seragam dari merah putih ke putih biru menunjukkan suatu identitas baru bagi mereka yaitu anak SMP yang sudah besar, bukan anak kecil lagi. Mereka merasa bahwa mereka akan memiliki kebebasan lebih dibandingkan dulu saat SD yang mash dipandang sebagai anak kecil. Berseragam putih biru berarti sudah besar, sudah remaja. Ya…remaja, sebuah fase kehidupan yang dimulai usia 12-24 tahun. Kata orang dulu masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan. Masa dimana mulai tumbuh rasa saling menyukai lawan jenis atau kalau remaja sekarang bilang “cinta monyet”.

Tapi, apakah ketika kita sudah mulai suka lawan jenis berarti kita sudah remaja? Apakah menjadi seorang remaja hanya ditandai dengan mulai suka dengan lawan jenis?. Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan dijawab oleh anak-anak SMP 1 Dampal Utara yang tergabung dalam Pramuka SMP 1 Dampal Utara. Sore itu, 21 Januari 2014 PERAYA (Pendidikan Remaja Sebaya) mulai dilakukan pada anak-anak pramuka. Mereka sangat antusias mulai dari perkenalan sampai dengan games tumbuh kembang remaja.

Kegiatan PERAYA dimulai dengan perkenalan dari Pencerah Nusantara dan juga adik-adik Pramuka. Sebelum perkenalan, pencerah nusantara memberikan salam perkenalan yaitu senam MAGA-MAGA. Adik-adik Pramuka sangat senang sekali menirukan senam MAGA-MAGA untuk membalas salam dari kakak-kakak PN. Setelah salam perkenalan, kakak-kakak PN memperkenalkan diri yang dimulai dari kak Sugi, Kak Iim dan Kak Desy. Perkenalan tak lengkap jika tidak dilanjutkan perkenalan dari adik-adik pramuka. Adik-adik Pramuka itu adalah Fagil, Syahril, Ika, Tasya, Wini, Niar, Lia, Egi,Mega, Risma, Ratina, Fadail, Ulla, dan Jumriana.

(Kak Sugi dan Kak Iim sedang memimpin senam Maga-Maga)
Perkenalan selesai saatnya materi. Materi diberikan dengan cara permainan menempel ciri-ciri tumbuh kembang remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang remaja dan bagaimana menjadi remaja sehat. Masing-masing peserta menuliskan jawaban mereka atas tiga topic tersebut dalam 3 lembar kerta berwarna dan menempelkannya di karton. Setelah mereka mengumpulkan jawaban barulah dimulai membahas satu-persatu jawaban mereka. Sungguh lucu-lucu dan menarik jawaban-jawaban mereka. Mereka sudah mulai paham bahwa mereka sebenarnya sudah memasuki dunia remaja. Mereka harus berhati-hati dan menjaga masa remaja mereka agar menjadi masa yang berharga dan menjadi remaja yang sehat. Mereka-mereka mutiara-mutiara ogotua yang ada di lumpur dan menunggu penggosoknya. Ketika ada orang-orang yang mau untuk mulai memoles, mereka lah yang akan membawa perubahan pada bumi ogotua. Agar ogotua kembali menuju masa kejayaan yang pernah ada ditangan ogotua.
 
(Kak Desy meminta adik-adik Pramuka mengemukakan pendapatnya)
(Winni sedang menuliskan pendapatnya dikertas biru)

Ika menempelkan pendapatnya di karton
Syahril menempelkan pendapatnya di karton
(Bersambung)



By. Desyanti Eka Ernawati, S.Kep, Ns.



























0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author