Lokakarya Lintas Sektor: Kerjasama untuk Dampal Utara Sehat




Ungkapan “Usaha Kesehatan tidak dapat berjalan sendiri sehingga perlu kerjasama lintas sektor” seringkali kita dengar baik di media maupun dalam rapat-rapat untuk perbaikan kesehatan di Indonesia. Kami sebagai salah satu  tenaga kesehatan muda yang ditempatkan di pelayanan dasar merasakan bahwa kalimat tersebut benar adanya. Menurut kami, untuk meningkatkan derajat kesehatan suatu masyarakat tidak hanya tanggung jawab tenaga kesehatan, Puskesmas atau tenaga kesehatan saja, akan tetapi perlu kerjasama dari semua instasi di wilayah baik pemerintahan sebagai penentu kebijakan, ataupun lintas sektor lain bahkan kerjasama kader dan masyarakat. Akan tetapi, kenyataannya kerjasama lintas sektor ini hanyalah omongan belaka yang mudah diucapkan tetapi sulit untuk di implementasikan. Oleh karena itu, perlu semua lintas sektor duduk bersama dalam suatu tempat untuk menyelesaikan masalah bersama yang terjadi di wilayah kerja suatu Puskesmas.

Demi mewujudkan kerjasama yang baik tersebut, Puskesmas Ogotua melakukan Lokakarya Lintas Sektor yang  keempat pada tanggal 29 Januari 2014. Pada kesempatan tersebut, Puskesmas Ogotua mengundang semua Lintas Sektor yang ada di kecamatan Dampal Utara meliputi camat, seluruh kepala desa, semua tenaga kesehatan di desa baik perawat Pustu maupun Bidan Desa, Kepala KUA, PNPM, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Olahraga, Danramil, Kapolsek, BKKBN, Ketua TP PKK Kecamatan dan perwakilan kader kesehatan. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk sosialisasi kebijakan-kebijakan kesehatan yang baru berlaku di Kabupaten Tolitoli, Pemaparan capaian Puskesmas Ogotua sepanjang tahun 2013 dan juga evaluasi hasil kesepakatan lokakarya lintas sektor pada bulan Oktober 2013 serta mencari solusi bersama tentang masalah kesehatan yang terjadi  di kecamatan Dampal Utara.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 WITA yang berarti mundur 1 jam dari jadwal yang telah disusun karena menunggu semua undangan datang. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh bu Lusi Maholing, AMK selaku pembawa acara  dan dilanjutkan sambutan oleh dr. Mas’ati (Kapus Ogotua) serta sambutan dan pembukaan acara oleh Ilham Hi.Mustafa, ST selaku camat Dampal Utara. dr. Mas’ati dan juga Pak Ilham kembali menekankan tentang pentingnya kerjasama Lintas Sektor untuk menciptakan Dampal Utara yang sehat. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh dr. Mas’ati. Beliau memaparkan tentang capaian Puskesmas Ogotua sepanjang tahun 2013 dan juga kebijakan-kebijakan kesehatan terbaru yang berlaku di Kabupaten Tolitoli. Salah satu kebijakan kontroversial yang mengagetkan banyak pihak adalah mulai diberlakukannya sistem JKN per 1 Januari 2014 padahal belum pernah ada sosialisasi ke masyarakat. Mulai diberlakukannya JKN mengakibatkan tidak berlakunya Jampersal bagi masyarakat yang tidak memiliki kartu Jamkesmas, ASKES atau Asuransi TNI/Polri. Hal ini mengakibatkan bagi yang tidak terdaftar di asuransi yang disebutkan  dikenakan biaya (tidak lagi gratis) atau istilahnya gratis bagi yang memiliki kartu.

Setelah pemaparan kapus, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Desy. Saat diskusi hampir semua undangan aktif bertanya, dan sebagian besar menanyakan hal yang sama tentang tidak berlakunya Jampersal bagi yang tidak punya kartu. Mereka meminta solusi bagi masalah ini karena masih banyak suku terasing yang tidak memiliki kartu. Setelah tanya jawab kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi hasil kesepakatan lokakarya lintas sektor ke 3 dan membuat kesepakatan baru yang akan dijalankan di Kecamatan Dampal Utara.

Harapan besar dari kegiatan ini semoga kerjasama lintas sektor di kecamatan Dampal Utara dapat berjalan dengan baik dan akan memberikan perubahan yang baik di kecamatan Dampal Utara terutama tentang kesehatan. Tidak ada lagi anak-anak gizi buruk, ibu-ibu yang meninggal akibat persalinan, bayi-bayi yang meninggal dan juga terwujudnya masyarakat sehat di kecamatan Dampal Utara.




@Desyantieka
 


0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author