Pelatihan Kesehatan pada Anak Pramuka SMA 1 Dampal Utara



Sore itu, Jum’at 17 Januari 2014, Ogotua tidak diguyur hujan seperti biasa. Anak-anak Pramuka SMA 1 Dampal Utara sudah bersiap dikelasnya dengan seragam pramuka andalan mereka. Sore itu, bukan latihan pramuka biasa buat mereka. Kedatangan  5 kakak-kakak keren dari Pencerah Nusantara 2 Ogotua (narsis dikit boleh lah ya..hehehe) membuat warna beda buat latihan pramuka mereka. Materi Pertolongan Pertama Gawat Darurat akan menjadi materi latihan pramuka mereka di sore itu. Antusias para anak-anak Pramuka untuk mengikuti acara tersebut cukup terasa karena akhirnya kegiatan tersebut  terlaksana setelah beberapa kali diundur.


(Anak-anak Pramuka SMA 1 Dampal Utara siap menerima materi pelatihan)

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam dua hari yaitu hari Jum’at dan hari Sabtu. Hari Jum’at untuk pemberian teori tentang PPGD dan hari kedua untuk praktik/ skill lab tentang PPGD. Pada hari pertama kegiatan diawali Pembukaan oleh Pembina Pramuka SMA 1 Dampal Utara yaitu Kak Fadly. Kegiatan berikutnya adalah pre test yang dilanjutkan pemberian materi oleh Desy selama kurang lebih 1,5 jam. Materi yang diberikan cukup banyak antara lain tentang Pertolongan pertama pada kasus henti jantung, henti napas, tersedak, pingsan, Pertolongan pertama pada kasus kecelakaan yang mengalami cedera/ trauma dan juga tentang memindahkan pasien. Hasil pre test yang didapatkan anak-anak pramuka masih rendah, ada yang dapat nilai 10 (dalam rentang 10-100) dan nilai tertinggi hanya 60. Akan tetapi, setelah diberikan materi terjadi peningkatan nilai post test dan yang tertinggi adalah nilai sempurna yaitu 100. 

(Saat Pemberian Materi Berlangsung)

Saat pemberian materi peserta terlihat banyak yang masih bingun karena belum pernah mendapatkan materi tersebut sebelumnya. Banyak dari mereka yang sebenarnya belum tergambar tindakan apa yang harus dilakukan. Akan tetapi, kebingungan mereka terjawab keesokan harinya. Pelatihan hari kedua direncanakan dimulai lebih awal yaitu pukul 14.30 WITA agar anak-anak pramuka  tidak pulang tertalu malam dan bisa pulang pukul 17.00 WITA. Akan tetapi, budaya jam karet di Indonesia ternyata telah menyebar sampai Ogotua juga (hehehe). Hal ini terbukti saat kami (dr Iim, Nia, Desy) datang pukul 14.30 hanya ada pengurus inti pramuka yang jumlahnya sekitar 5 orang  dan anak-anak pramuka belum ada yang datang. Akhirnya kami menunggu sampai pukul 15.30 dan kegiatan baru bisa dimulai seperti hari sebelumnya.

Konsep pelatihan pada hari kedua berbeda dengan konsep pelatihan hari pertama. Pada hari kedua peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan akan masuk pada 3 stase praktik yang berbeda secara bergantian. Tiga stase tersebut meliputi Stase 1 yang dilatih dr. Iim tentang BHD RJP,  PP Tersedak dan PP Pingsan, stase 2 dilatih oleh Perawat Desy tentang perawatan luka dan pembidaian, stase 3 dilatih oleh Bidan Nia tentang transportasi dan evakuasi korban. Saat sesi praktik, anak-anak pramuka sangat antusias baik untuk bertanya maupun praktik mandiri melakukan materi yang telah dicontohkan. Mereka terlihat sangat bersemangat untuk mencobanya secara mandiri maupun berkelompok dengan temannya.

Kegiatan pelatihan berlangsung sesuai dengan baik dan waktu selesai tepat pukul 17.00 mereka sudah selesai pelatihan dan siap untuk pulang ke rumah masing-masing. Akan tetapi, sebelum pulang mereka harus mendapatkan materi baris-berbaris dulu ala pramuka oleh pembina pramuka mereka dan tampaknya mereka mendapatkan hukuman atas keterlambatan dan pelanggaran disiplin waktu kedatangan mereka. Pramuka memang mengajarkan banyak hal terutama tentang kedisiplinan dan dari anak-anak pramuka inilah harusnya akan tercetak generasi-generasi penerus bangsa yang disiplin, tangguh dan peduli terhadap sesama. Oleh karena itu, perlu bekal yang banyak agar  mereka bisa bertahan dalam kondisi apapun. Dan Pelatihan Kesehatan ini akan terus berlangsung bagi mereka diminggu-minggu selanjutnya. Nantikan pelatihan kesehatan bagi anak-anak Pramuka SMA 1 Dampal Utara selanjutnya dengan materi yang lebih menarik. SALAM PRAMUKA !!!

By Desyanti Eka Ernawati, S.Kep, Ns.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author